Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

5 Cara Merawat Tumbler Plastik yang Benar

0
(0)

Tumbler plastik merupakan salah satu jenis tumbler yang juga aman digunakan berkali-kali. Hal ini karena tumbler yang satu ini menggunakan jenis plastik khusus yang bebas bahan kimia berbahaya. Meski demikian, anda perlu menerapkan cara merawat tumbler plastik yang benar agar tetap bersih dan tetap aman bagi kesehatan. Jika tidak, tumbler bisa saja kotor dan hal ini bisa mempengaruhi kualitas minumannya.

Cara Merawat Tumbler Plastik

Cara Merawat Tumbler Plastik yang Benar

Perawatan yang benar tentu saja diperlukan untuk berbagai produk agar kualitasnya tetap terjaga, termasuk tumbler plastik. Dengan perawatan yang benar ini, anda bisa membuat umur tumbler tersebut menjadi lebih panjang. Berbeda halnya jika anda sampai salah dalam merawatnya, maka tumbler bisa saja menjadi kotor dan menjadi cepat rusak. Berikut Lina Souvenir akan menjelaskan mengenai beberapa cara merawat tumbler plastik yang benar.

1. Keluarkan Sisa Minuman

Cara merawat tumbler plastik yang pertama adalah dengan mengeluarkan sisa minuman yang masih tertinggal di dalam tumbler. Jika anda sering menggunakan tumbler plastik tersebut, maka setelah sampai rumah langsung keluarkan sisa minumannya. Jangan biarkan sisa minuman tersebut berada di dalam tumbler terlalu lama, apalagi jika minuman tersebut merupakan minuman manis atau selain air putih.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Tumbler Plastik yang Berkualitas

Hal ini karena sisa minuman yang berada terlalu lama di dalam tumbler bisa menyebabkan bau tidak sedap pada tumbler. Bau tidak sedap ini terkadang menjadi tanda bahwa sudah ada banyak bakteri yang berkembang di dalam tumbler tersebut. Apalagi jika itu adalah sisa minuman manis, maka pertumbuhan bakteri bisa lebih cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya anda segera keluarkan sisa minuman tersebut, kemudian bilas tumbler dengan air bersih.

2. Cuci Secara Rutin

Mencuci tumbler secara rutin merupakan langkah perawatan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu, mencuci secara rutin juga bisa mencegah adanya bau tidak sedap yang muncul dari dalam tumbler. Oleh sebab itu, sebaiknya anda langsung mencuci tumbler plastik tersebut setiap selesai digunakan. Jangan biarkan tumbler dalam keadaan kotor atau menunda membersihkannya.

Jika anda menunda mencuci tumbler plastik, apalagi dalam keadaan masih ada sisa minumannya, maka ada berbagai masalah yang bisa timbul. Bau tidak sedap bisa saja mulai muncul dan membuat anda tidak nyaman lagi menggunakan tumbler tersebut. Selain itu, kualitas minuman pastinya akan terganggu karena sudah ada banyak bakteri. Tak heran apabila hal ini juga bisa mempengaruhi kesehatan anda.

Baca Juga :  5 Kelebihan Tumbler Plastik yang Perlu Anda Ketahui

3. Cara Mencuci

Cara merawat tumbler plastik yang selanjutnya adalah tahapan mencuci yang benar. Untuk menjaga kebersihannya dan kualitasnya dengan baik, anda perlu mengetahui bagaimana cara mencuci yang benar. Caranya adalah dengan membilas terlebih dahulu bagian dalam tumbler plastik menggunakan air bersih. Selanjutnya, anda bisa mencuci menggunakan sabun cuci piring secara merata, lalu usap menggunakan kain bersih.

Jika hal ini sulit dilakukan karena bagian dalam tumbler terlalu sempit, maka bisa dengan mengisi bagian dalamnya menggunakan sabun cuci piring dan air secukupnya. Tutup tumbler plastik tersebut, kemudian kocok dengan kuat sebentar saja agar bisa merata ke seluruh bagian dalam. Bilas menggunakan air bersih, kemudian keringkan. Jika sudah terlanjur ada bau tak sedap, maka setengahnya bisa menggunakan cuka, kemudian diamkan selama beberapa menit atau semalaman sebelum dibilas.

4. Pastikan Kering

Setiap selesai menggunakan tumbler atau selesai mencuci, maka anda perlu memastikan bahwa tumbler tersebut dalam keadaan kering sebelum disimpan kembali. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika tumbler dalam keadaan basah atau lembab, maka akan sangat memudahkan bakteri untuk tumbuh. Hal ini tentu saja tidak ada bedanya dengan membiarkan sisa minuman di dalam tumbler, sama-sama membahayakan.

Baca Juga :  5 Manfaat Menggunakan Tumbler Plastik yang Bisa Anda Rasakan

Jadi, setiap selesai mencuci, anda bisa membuka tutup tumbler, kemudian biarkan tumbler plastik tersebut dalam kondisi terbalik. Hal ini memungkinkan air yang menempel turun, kemudian bisa mengering dengan sendirinya. Cara lainnya adalah mengelap seluruh bagian tumbler menggunkaan kain bersih hingga kering. Ingat, anda harus memastikan bahwa tumbler tersebut benar-benar kering sebelum menyimpannya.

5. Jangan Masukkan Air Panas

Cara merawat tumbler plastik yang terakhir adalah dengan tidak memasukkan air panas ke dalamnya. Bahan plastik merupakan bahan yang sangat rentan terhadap suhu panas karena bisa langsung menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda jangan memasukkan minuman panas ke dalam tumbler plastik jika memang ingin awet. Cukup masukkan minuman biasa atau minuman dingin ke dalamnya.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa cara merawat tumbler plastik yang benar. Dengan melakukan perawatan yang benar, maka tumbler plastik anda bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat rusak.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Share:

Admin Gufron

Super Content Creator di website LinaSouvenir.com

× WA ADMIN